Putrin Blog: Menghadapi kritik

Home About Linkies Stuff Rules

Sabtu, 24 Oktober 2015

Menghadapi kritik

Hai! mau tahu caranya menghadapi kritik?? yuk Read More!


Menghadapi Kritik
 girls, kritik adalah tanggapan atau pendapat berupa pertimbangan baik dan buruknya sesuatu 
seperti karya, pendapat, penampilan dan lain sebagainya. Nah, bagaimana sebaiknya caramenghadapi kritik , ya? Terutama kritik yang menunjukkan kekurangan kita.
 Kata kritik terkadang punya pengertian yang negatif, di mana kritik itu lebih banyak membahas kekurangan suatu karya, pendapat dan lain-lain. Nah, kira-kira bagaimana cara kita menghadapi kritik  dengan baik, ya? Sebab, sebenarnya kritik itu juga bisa membantu kita untuk jadi lebih baik. Pertama, kita perlu mengingat kalau tiap orang punya kelemahan dan kelebihan, nggak ada yang sempurna. Kedua, jangan diambil hati. Saat seseorang menyampaikan kritik itu bukan karena dia nggak suka sama kita. Nggak perlu juga kita sebal atau marah padanya. Ketiga, positif thinking , percayalah kalau kritik itu bukan untuk menjatuhkan tapi justru bikin kita jadi lebih baik.
Setelah mempersiapkan mental untuk menghadapi kritik, kita juga harus tahu bagaimana menyikapi kritik dengan baik. Pertama, dengarkan kritik dengan seksama. Walaupun mungkin rasanya nggak enak karena membahas kekurangan kita, tetap saja kita perlu mendengarkannya karena bisa menjadi introspeksi diri juga bagi kita. Kedua, ucapkan terima kasih. Ini tanda kita menghargai orang tersebut, karena bila dikritik tandanya ia memperhatikan karya atau pendapat kita. Ketiga, pertimbangkan siapa si pengkritik. Setelah bisa melakukan langkah-langkah sebelumnya, kita perhatikan siapa pengkritik kita.
Fungsi mendengarkan kritikan adalah agar kita bisa mengetahui apakah kritikannya sungguh membangun atau sekedar asal bicara. Misalnya, kita membuat craft dan dinilai jelek oleh teman kita. Kritik yang membangun adalah kritik yang bisa menyebutkan alasan kenapa bisa jelek. Jadi, jelek karena kurang rapi menempel, kurang banyak warna dan memberikan jawaban yang jelas. Kalau teman Cuma bilang jelek tanpa alasan. Sebaiknya nggak usah dipikirkan, deh.
Nah, semoga bermanfaat untuk menghadapi kritik , ya!
Credit: girls


Tidak ada komentar :

Posting Komentar